Get Gifs at CodemySpace.com

WAKTU DAN MATA ANGIN VERSI BATAK

Astronomi, Almanak / Pertanggalan
Pembagian Tahun: Awal tahun dimulai / ditetapkan pada saat Hala pariama (Scorpio) berada di timur dan Sialasungsang / bintang na pitu (Orion) disebalah Barat. Keberadaan / posisi kedua bintang inilah yang dijadikan penentu awal tahun yang biasanya terjadi pada bulan April, oleh karena itu dalam penentuan bulan pertama disetiap tahun adalah bulan April sebagai “sipaha Sada”
Didalam penentuan hari pertama dalam bulan berjalan, orang batak menentukannya melalui pergerakan bulan. Orang batak menentukan hari pertama dalam bulan mempergunakan alat yang sangat sederhana yaitu Hasumba (kain merah), mereka meneropong bulan dipinggir-pinggir danau pada penerbitannya yang pertama. Bulan yang terbit dihari pertama dinamakan “Artia” dan seterusnya sampai kembali lagi terbit diufuk barat yang jika dijumlah, berjumlah 30 hari pergerakan bulan dalam 30 hari ini disebut sabulan atau satu bulan . Dan pergerakan bulan ini dihubungkan dengan gerak bintang Scorpio dan Orion yang jika dijumlah ada 12 kali bergerak sampai bintang Scorpio kembali berada di Timur dan Orion berada di Barat makanya jumlah bulan di Batak ada 12 bulan :
Dibawah ini adalah Nama-nama Hari dan Bulan




Nama-nama Hari
Nama-nama Hari pada Orang Batak tidak sama dengan Nama-nama Hari Masehi, Jawa dan Arab. Bagi Orang Batak setiap Hari yang diperhitungkan 30 (tiga puluh) hari, masing-masing mempunyai Nama.
30 Nama-nama Hari Menurut Suku Batak



12 Nama Bulan menurut Suku Batak


Pembagian Waktu dalam sehari
Begitu juga di dalam penentuan waktu / Jam, tidak mempergunakan Angka, namun mulai Pukul 6.00 Pagi hingga pukul 6.00 pagi besoknya , masing-masing dinamai:
  1. Jam 06.00 – 07.00 Pagi Sogot atau Manogot
  2. Jam 07.00 – 11.00 Pangului.
  3. Jam 11.00 – 01.00 Siang Hos ni ari.
  4. Jam 02.00 – 17.00 Sore Guling ni ari.
  5. Jam 17.00 – 18.00 Bot ni ari atau Bot ari.
  6. Jam 18.00 – 20.00 Urmun ni ari.
  7. Jam 20.00 – 23.00 Robot borngin.
  8. Jam 23.00 – 01.00 Tonga borngin
  9. Jam 01.00 – 03.00 Tingki haroro ni panangko.
  10. Jam 04.00 Pagi Tahuak Manuk.
  11. Jam 05.00 – 06.00 Manghuling sese.


Arah Mata Angin Menurut Batak
Pembagian mata angin dimulai dari letak kepala Pane Nabolon yang pemunculannya dibulan pertama ( sipaha sada) yang biasanya berada ditimur (Purba), maka ekornya berada di Barat laut (manabia).
Panjang Pane Nabolon dari kepala hingga ekor adalah sepanjang setengah lingkaran, oleh karena itu bila kepalanya mengarah kebarat (Pastima) maka ekornya dapat dipastikan mengarah timur (Purba).
Menentukan letak dari Pane Nabolon dapat dilihat dari kilat yang menyambar disore hari atau jika tidak, dapat dilihat dari ekor induk ayam yang sedang mengeram, ekor ayam tersebut sealalu membelakangi Pane Nabolon (patundal Pane).
Pane Nabolon selalu digambarkan dalam parhalaan dalam bentuk boras pati ( cicak). Ada juga yang menggambarkan dengan gambar binatang melata (kaki seribu) dan ada juga berbentuk kala ( scorpio);
Nama mata angin tersebut adalah:




Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Template by:

Free Blog Templates