Get Gifs at CodemySpace.com

Batu Mardinding Butuh Perhatian

Batu Mardinding Butuh Perhatian
TARUTUNG- Batu Mardinding yang terletak di bukit Siatas barita, persisnya di atas rumah kapal kawasan objek wisata Rohani Salib Kasih, sangat potensial dijadikan sebagai salah satu objek wisata.
Menurut S Simorangkir (72), tokoh adat dan tokoh masyarakat di Siatas Barita mengatakan, batu mardinding konon ceritanya merupakan salah satu bekas kediaman raja guru Mangaloksa Hasibuan, sebelum menempati kediaman mertuanya Raja Pasaribu di Marsaitbosi Desa Simorangkir.
Batu Mardinding ini juga sering dijadikan sebagai tempat pertemuan Raja Sisingamangaraja bersama prajurit prajurit rura Silindung untuk mengusir penjajah. Ukuran batu Mardinding ini lebih kurang 10 kali 10 meter, berbentuk lantai dan mempunyai dinding berukir.
Dibawah batu Mardinding ini ada sumber mata air yang disebut masyarakat setempat ‘aek jambean’ dan sampai sekarang masih diyakini sebagian orang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Aek jambean ini sering dikunjungi orang dari luar daerah dengan bermacam tujuan, namun ke batu mardinding sangat jarang dikunjungi orang akibat jalan yang sulit dimana sudah ditutupi semak semak berduri yang sangat membahayakan pengunjung
Sementara kepala bidang program dinas Kimbagwil Taput, Juara Siregar yang ditemui Trans media di ruang kerjanya, soal pengelolaan batu mardinding ini mengatakan, bahwa dinas Kimbagwil sudah berusaha agar kawasan tersebut dapat dijadikan sebagai objek wisata yang benar terkelola dengan baik. “Kami sudah pernah mengajukan anggaran pengelolaannya ke Pemkab Taput dan juga Pemerintah Pusat agar dana pengelolannya dapat dianggarkan,” katanya.
Batu mardinding didukung beberapa fasilitas disekelilingnya, antara lain ‘aek jambean’ yang merupakan sumber mata air yang selama ini mampu melayani masyarakat dan kantor kantor serta gardu induk PLN setempat.
Kurang lebih 50 meter dari batu mardinding ada restauran yang sering disebut dengan rumah kapal yang memang berbentuk kapal, diatas kapal tersebut tampak patung Yesus menghempangkan tangan kanannya ke depan seperti Yesus di danau Tiberias.
Menurut Matondang, pemilik restauran, bahwa patung tersebut adalah salah satu patung tersbesar nomor tiga di Asia. Puncak penginapan salomo lebih kurang 50 meter diatas batu mardinding, menurut Andre parlinggoman Sihombing, pemilik penginapan, sudah merencanakan akan membangun hotel berbintang dan taman ria.
Seputaran batu Mardinding ada perkebunan jeruk milik masyarakat dan ditambah pemandangan alam keindahan rura Silindung seluruhnya dapat dipandang dari batu Mardinding.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Template by:

Free Blog Templates